Minggu, 25 Desember 2011

Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling


A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.A.    Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam Bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katanya adalah guid. Shertzer dan Stone (1966:31) mengemukakan beberapa pandangan dari kata masing-masing dari kata guide, yaitu to direc, pilot, manage, or steer.Dalam bahasa Indonesia masing-masing kata ini dapat berarti memadu, mengarahkan, mengatur atau mengemudi. Sebagai suatu unsur esensial dalam pendidikan, arti yang paling  mendasar dari bimbingan adalah membantu (helping atau assistance). Namun, tidak semua bentuk bantuan berarti bimbingan karena bantuan dalam konteks  bimbingan memiliki cirri, persyaratan, prinsip, tujuan, dan prosedur yang tersendiri.
Sebagai suatu konsep yang tersendiri, istilah “bimbingan” sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu counseling sehingga “Bimbingan dan Konseling” sering disingkat menjadi BK. Konseling harus dipahami sebagai salah satu jenis layanan dan teknik tersendiri dari program bimbingan di sekolah. Para ahli bimbingan, antara lain Gibson dan Mitchell (1981:27) member predikat khusus terhadap konseling. Dia menyatakan bahwa counseling has been identified as the heart of the guidance program. Jadi konseling merupakan bagian paling inti dari bimbingan. Ahli lain, seperti Shertzer dan Stone menyatakan bahwa konseling merupakan inti kegiatan professonal dari seseorang yang disebut konselor. Artinya layanan konseling hany dapat diberikan oleh orang yang telah memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Dengan kata lain, konseling tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan latihan yang di persiapkan sebelumnya.
 Lain halnya dengan bentuk  kegiatan bimbingan yang lain, seperti memberikan informasi tentang cara belajar yang baik kepada siswa, mengumpulkan data tentang latar belakang tentang keluarga. Bimbingan dan konseling di SD adalah upaya pemberian bantuan kepada individu (peserta didik/siswa) yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya mereka dapat memahami dirinya sehingga mereka sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan SD, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya. Dengan demikian mereka dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan membantu mereka mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai mahluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

B.     Persamaan dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling
1.      Persamaan antara bimbingan dan konseling
Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.
2.      Perbedaan antara bimbingan dan konseling
Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien. Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih. Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.
C.        Tujuan Bimbingan dan Konseling
Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresepsi terhadap individu yang hidup di dunia ini. Di dalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberikan respon yang tepat. Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung (interdependent society), seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlibat dalam program bimbingan dan konseling ini harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua ysiswa dapat:
1.      Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, gurunya, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2.      Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3.      Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memehami dan menghubungkan perasaannya.
4.      Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5.      Mengembangkan dan memperkaya ketrampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6.      Belajar tentang berbagai ketrampilan yang diperliukan untuk hidup yang lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalh yang mungkin dihadapinya.
7.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahaan masalah.
8.      Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9.      Menunjukan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.


10.  Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan ketrampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan social anaknya.
11.  Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.
            Tujuan-tujuan diatas adalah memberikan kemudahan pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah untuk membelajarkan siswa. Oleh sebab itu bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:
a)      Kebahagiaan hidup pribadi sebagai mahlik Tuhan
b)      Kehidupan yang produktif dan efektif dalam masyarakat
c)      Hidup bersama dengan individu-individu lain
d)     Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimiliki
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:
a)      Mengenal dan melaksanakan tujuan hidupnya serta merumuskan rencana hidup yang didasarkan atas tujuan itu
b)      Mengenal dan memahami kebutuhan hidupnya secara realistis
c)      Mengenal dan menanggulangi kesulitan-kesulitannya sendiri
d)     Mengenal dan mengembangkan kemampuannya secara optimal
e)      Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan umum dalam kehidupan bersama
f)       Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tutntutan di dalam lingkungannya
g)      Mengembangkan segala yang dimilikinya secara tepat dan teratur, sesuai dengan tahap perkembangannya sampai batas optimal
Apabila ditinjau dari pihak peserta didik, tujuan bimbingan dan konseling ialah agar mereka dapat:
a)      Mengembangkan seluruh potensi seoptimal mungkin
b)      Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
c)      Mengatasi kesulitan dalam mengatasi lingkungannya, yang meliputi lingkungan SD, keluarga, pekerjaan, sosial ekonomi, dan kebudayaan
d)     Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya
e)      Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan
f)       Memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar SD untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di SD tersebut.

A.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Pada dasarnya bimbingan dan konseling dilakukan dalam bentuk upaya pemahaman, pencegahan, pemeliharaan, penyembuhan. Setiap bentuk upaya tersebut mengacu pada empat fungsi bimbingan sebagai berikut
1.      Fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan perkembangan siswa.
2.      Fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan dalam fungsi penyaluran ini meliputi bantuan untuk menetapkan kegiatan belajar di SD. Dalam melaksanakan fungsi, guru pembimbing/ konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya di SD maupun diluar SD
3.      Fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu petugas-petugas disekolah, khususnya guru, untuk mengadaptasi program pendidikan dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat, baik dalam mengelola, dan memilih materi pelajaran yang tepat, atau dalam mengadaptasi bahasa pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa

4.      Fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dalam rangka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.

B.     Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tiedeman, Dinkmeyer dan Dreikurs dalam Stone (1983), memandang bahwa program bimbingan di sekolah dasar perlu diarahkan pada pengembangan kognitif dan afektif sekaligus. Konsep mereka itu diarahkan pada pengembangan kekuatan ego (ego strength), bukan hanya pada upaya memperbaiki tingkah laku yang salah suai (maladjusted) saja. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut:
1.      Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan layanan bimbingan dari gurunya;okus bimbingan bukan kepada siswa tertentu melainkan pada siswa yang normal bahkan pada siswa yang cerdas sekalipun.
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh semua guru kelas. Jika ada konselor maka tugasnya sdalah memberikan layanan konseling dan konsultasi kepada siswa, guru, dan orang tua siswa. Bimbingan diberikan kepada siswa secara langsung dan tidak langsung.
3.      Bimbingan diarahkan untuk membantu siswa mengetahui, memahami, menerima dirinya sendiri baik secara kognitif maupun mecara afektif. Maksudnya bahwa bimbingan diarahkan untuk mengembangkan kompetensi pribadi yang adikuat, dan untuk berhubungan secara efektif dengan kegiatan dan tugas hidup sosialnya. Tekanan program bimbingan bukan pada aspek remediasi (penyembuhan siswa yang bermasalah) melainkan pada pengambangan aspek-aspek positif yanf dimiliki oleh tiap siswa.
4.      Bimbingan dapat diberikan secara informal dan incidental namun alangkah lebih baiknya jika dilaksanakan secara terencana dan terprogram. Program bimbingan memberikan pengalaman yang runtut dan berkelanjutan untuk membantu siswa mencapai tugas perkembangan baik dalam aspek intelektual maupun aspek emosional.  Kurikulum memberikan pengalaman kepada siswa yang memungkinkan para guru dapat mengintegrasikan prosedur bimbingan dengan materi pelajaran. Fungsi bimbingan dari guru atau konselor adalah membantu siswa untuk mencapai kurikulum secara sukses. Oleh karena itu, para guru membutuhkan ketrampilan-ketrampilan bimbingan untuk membuat kurikulum menjadi pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa.
5.      Bimbingan di sekolah dasar menempatkan tekanan pada pencapaian tujuan dan kebermaknaan pengalaman belajar. Tujuan yang ditetapkan oleh guru dan yang diharapkan oleh siswa harus sesuai. Perencanaaan guru dan penilaian siswa adalah prosedur dasar untuk mencapai tujuan yang ditetakan.
6.      Bimbingan difokuskan pada asset. Artinya upaya guru dalam membantu anak harus bertitik tolak dari potensi siswa, dan melakukan apa yang terbaik buat siswa. Tindakan guru merupakan proses-proses yang membuat siswa melakukan sesuatu sesuai dengan kekuatan potensi yang dimilikinya.
7.      Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses, berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.
8.      Program bimbingan kerja sama akan dapat terlaksana sangat efektif jika diupayakan melalui kerja sama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, tenaga administrative dan sumber-sumber daya yang ada di masyarakat sekitar.
Selain prinsip-prinsip diatas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD perlu diperhatikan juga prinsip-prinsip berikut:
1.      Karena bimbingan dan konseling berhubungan dengan sikap dan perilaku individu (siswa), maka perlu diingat bahwa sikap dan prilaku individu terbentuk dari segala aspek kepribadian yang unik dan rumit


2.      Perlu dikenal dan dipahami perbedaan individu orang-orang yang akan dibimbing (siswa). Berikan bimbingan yg tepat, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh individu yang dibimbing itu.
3.      Bimbingan adalah suatu proses membantu individu (siswa) untuk dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
4.      Bimbingan hendaknya bertitik tolak pada individu (siswa) yang dibimbing
5.      Masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru pembimbing di SD, harus diserahkan kepada individu atau lembaga yang mampu dan berwenang memecahkannya.
6.      Bimbingan dimulai dengan identivikasi kebutuhan yang dirasakan oleh individu (siswa) yang akan dibimbing
7.      Bimbingan harus luwes dan fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu (siswa) yang dinimbing dan masyarakat.
8.      Program bimbingan di SD harus sesuai dengan program SD yang bersangkutan.
9.      Pelaksanaan program bimbingan harus disimpan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan dan dapat menggunakan sumber-sumber yang relevan yang berada di luar SD
10.  Terhadap program bimbingan harus selalu diadakan penilaian berkala untuk mengetahui sampai dimana hasil yang telah dicapai dan mengetahui apakah program itu sesuai dengan apa yang direncanakan semula.

C.    Asas-Asas Bimbingan  dan Konseling
Pemenuhan asas-asas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan dan menjamin keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Asas-asas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.      Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan kepada orang lain. Asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepda guru pembimbing

2.      Kesukarelaan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berlangsung atas dasar sukarela dari kedua belah pihak
3.      Keterbukaan
Bimbingan dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing, dan guru yang bersangkutan bersedia membimbingnya
4.      Kekinian
Masalah yang ditangani dalam bimbingan dan konseling adalah masalah sekarang walaupun ada kaitannya dengan masalah yang lampau dan yang akan datang. Selain itu hendaknya pembimbing sesegera mungkin menangani masalah siswa
5.      Kemandirian
Bimbingan dan konseling membantu siswa agar dapat mandiri atau tidak bergantung pada pembimbing maupun orang lain.
6.      Kegiatan
Bimbingan dan konseling harus dapat membantu siswa agar berusaha melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mmenyelesaikan masalah yang dihadapi
7.      Kedinamisan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu terjadinya perubahan yang lebih baik kearah pembeharuan pada diri siswa
8.      Keterpaduan
Bimbingan dan konseling hendaknya dapat memadukan berbagai aspek kepribadian siswa dan proses layanan yang dilakukan
9.      Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling harus sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama, adat hukum, negara, ilmu dan kebiasaan sehari-hari
10.  Keahlian
Bimbingan dan konseling adalah layanan profesional sehingga perlu diperlukan oleh ahli yang kusus di didik untuk melakukan tugas ini.
11.  Alih tangan
Bila usaha yang dilakukan telah optimal tetapi belum berhasil atau masalahnya diluar kewenangannya, maka penangnannya dapat dialihtangankan kepada pihak lain yang berwenang
12.  Tutwuri Handayani
Bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat memberi rasa aman, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan serta kesempatan seluas-luasnya kepada siswa.

D.    Kedudukan Bimbingan dan Konseling
Secara formal, kedudukan bimbingan dalam sistem pendidikan di Indonesia telah digariskan didalam undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional beserta perangkat peraturan pemerintahnya. hal-hal yang berkenaan dengan pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28 tahun 1989. Pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
a.    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
b.    Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pengakuan formal seperti ini mengandung arti bahwa layanan bimbingan di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani oleh orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Untuk pendidikan disekolah dasar pada saat ini, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa serta penyelanggaraan sistem pendidikan sekolah dasar yang ditangani oleh guru kelas, maka layanan bimbingan disekolah dasar dalam banyak hal masih akan lebih efektif dilaksanakan secara terpadu dengan proses pembelajaran dan ditangani oleh guru kelas. oleh karena itu guru sekolah dasar dikehendaki memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menyelanggarakan layanan bimbingan. Keberadaan bimbingan dalam pendidikan di sekolah dasar terkait erat dengan sistem pendidikan dasar 9 tahun, di mana sekolah dasar merupakan penggalan dari sistem pendidikan dasar 9 tahun. sistem pendidikan dasar 9 tahun membahwa konsekuensi kepada wajib belajar sampai SLTP. dan untuk sekolah dasar mempunyai kewajiban menyiapkan para lulusannya untuk memasuki pendidikan tingkat lanjutan, jelasnya SLTP.
Kondisi atau tuntutan seperti digambarkan diatas menghendaki sekolah dasar tidak hanya mengantarkan siswanya untuk tamat belajar, melainkan harus membantu siswa mengembangkan kesiapan dalam segi akademik, sosial, maupun pribadi untuk memasuki proses pendidikan di SLTP, untuk mencapai kesiapan kesiapan seperti itu, proses dan interaksi pembelajaran disekolah dasar tidak semata-mata merupakan proses Instruksional tersebut, upaya non instruksional ini merupakan upaya yang lebih banyak terarah kepada layanan bimbingan. tampa disini bahwa dalam tugas guru sebagai pengajar melekat pula tugas untuk membantu siswa mengembangkan kesiapan dan penyesuaian diri yang kuat trhadap program sekolah, baik disekolah dasar maupun disekolah lanjutan yang akan di masuki berikutnya. ini berarti disekolah dasar guru memegang peran kunci didalam bimbingan. pada tingkat sekolah dasar bimbingan dapat dikatakan identik dengan ” mengajar yang baik” terutama jika guru memainkan peran-peran penting dalam mengembangkan lingkungan kondusif bagi perkkembangan siswa. Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa, temuan lapangan (Sunnaryo Kartadinata, 1992; Sutaryat Trisnamansyah dkk, 1992) menunjukkan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi dan sosial. Masalah-masalah perkembangan ini memunculkan kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar. Sisi lain yang memunculkan layanan kebutuhan akan layanan bimbingan sekolah dasar ialah rentang keragaman individual siswa yang amat lebar. Tentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan dsiswa yang sarat akan masalah. Kondisi seperti ini akan memunculkan populasi khusus yang menjadi target layanan bimbingan, anatara lain mencakup:
a)      siswa dengan kecerdasan dan kemampuan diri
b)      siswa yang mengalami kesulitan belajar
c)      siswa dengan perilaku bermasalah Sekolah yang kami pilih yakni SDN Ciparay VI masih belum memiliki guru bimbingan dan konseling, oleh karena itu layanan bimbingan masih dipegang secara dominan oleh guru wali kelas (mata pelajaran).
Pelaksanaan layanan bimbingan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari atau dapat dilakukan juga di luar jam pelajaran, sesuai dengan kebutuhan siswanya itu sendiri. Meningkatkan serta mengoptimalkan lulusan untuk proses pendidikan ke jenjang berikutnya. Kegiatan belajar yang diciptakan guru sebagaimana tuntutan pendekatan DAP sepatutnyalah didasarkan atas pemahaman bagaimana anak usia SD itu belajar. Paham yang dianggap modern tentang bagaimana anak usia SD itu belajar bersifat konstruktivistik. Hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa anak SD adalah seorang yang aktif.
Seorang guru konstruktivis yang baik adalah yang mampu memberikan lingkungan atau bahan belajar (learning materials) bagi anak didiknya, sebab guru tahu bahwa anak senang mengeksplorasi lingkungan belajar. Guru hendaknya mampu menciptakan sistem interaksi pengajaran dengan pihak mana saja anak tersebut berinteraksi. Guru dapat mendorong perkembangan anak dengan berperan sebagai ”scaffolder” yaitu memahami adanya batas-batas perkembangan anak secara temporer dan memerlukan bantuan yang tepat dan membiarkan anak tumbuh melewati batas-batas perkembangannya secara mandiri. Untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan suatu sistem pengajaran, seorang guru SD paling tidak bertanggung jawab dalam :
1.         Mengkondisikan anak agar menyukai, merasa gembira dan senang belajar di sekolah. Guru SD dituntut untuk mahir menciptakan suatu siatuasi yang memungkinkan anak terhindar dari rasa stres, perasaan bimbang, khawatir dan perasaan mencekam. Hal tersebut adalah penting tidak hanya bagi kemajuan belajar mereka tetapi juga menyangkut kehidupannya di masa yang akan datang.
2.         Mengembangkan berbagai cara dan metode yang bervariasi dan menarik di dalam mengajar secara terpadu, seperti ceramah, bercerita dan sebagainya.
3.         Menjembatani ”gap” antara kehidupan sekolah dengan kehidupan anak itu sendiri dalam pengajaran.
4.         Mengobservasi gaya belajar, kebutuhan dan menaruh perhatian atas tuntutan individual anak dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum yang berlaku.
Upaya yang perlu dilakukan guru SD selaku pembimbing untuk mewujudkan hal tersebut Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah antara lain ditentukan oleh ketepatan pemahaman guru terhadap perkembangan siswa. Pemahaman terhadap perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi dan proses pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan perilaku-perilakunya yang baru Perkembangan siswa sekolah dasar meliputi aspek-aspek fisik, kecerdasan, emosi, sosial dan kepribadian. Kenyataan menunjukan bahwa pada setiap siswa memiliki karakteristik pribadi atau perlaku yang relatif berbeda dengan siswa lainnya. Keragaman perilaku ini mengandung implikasi akan perlunya data dan pemahaman yang memadai terhadap setiap siswa. Untuk itu, guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data, serta penggunaannya. Teknik memahami perkembangan siswa akn berentang dari mulai teknik yang sepenuhnya bergantung kepada pengamatan guru (yang sifatnya terbuka dan fleksibel) sampai kepada teknik yang terstruktur dengan menggunakan alat ukur tertentu secara ketat (seperti tes, inventori, dan sejenisnya). Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan bimbingan adalah memahami siswa secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakang pribadinya. Dengan data yang lengkap, pembimbing akan dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara tepat atau terarah. Upaya memahami pribadi siswa merupakan salah satu langkah layanan bimbingan yag harus dilakukan oleh pembimbing.

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya sangat membantu saya
    salam kompak !

    BalasHapus